Cara Membuat bootable USB menggunakan rufus


marimengenal.com - Untuk melakukan install ulang terhadap komputer/laptop tentu yang kalian butuhkan adalah sistem operasi dan media untuk melakukan instalasi seperti flashdisk, harddisk atapun cd. Namun jika kalian install menggunakan flashdisk atau harddisk kalian perlu melakukan yang namanya  membuat sebuah bootable sehingga flashdisk atau harddisk tsb bisa digunakan untuk melakukan install ulang. Sedangkan CD tidak membutuhkan proses bootable karena setelah kalian burn otomatis CD tsb akan langsung bisa digunakan untuk melakukan install ulang sistem operasi. 

Cara Membuat bootable USB menggunakan rufus

Sebelum membuat flashdisk bootable terlebih dahulu kalian harus menyiapkan yang namanya aplikasi rufus bisa di download disini dan sistem operasi yang ingin kalian gunakan.
Setelah aplikasi rufus sudah tersedia lanjutkan dengan membuka aplikasi tersebut. 
gambar 1. buka aplikasi rufus
Jika aplikasi rufus sudah terbuka, tentukan flashdisk yang ingin dijadikan bootable namun jika di laptop/komputer hanya terpasang satu flashdisk biarkan saja.
gambar 2. pilih flashdisk dan iso image sistem operasi
Untuk memilih sistem operasi yang akan di boot kedalam flashdisk ini silakan klik icon yang ada cdnya. Lihat gambar di bawah ini.
gambar 3. pilih iso image sistem operasi
Pilih file sistem operasi yang berbentuk .iso kemudian klik tombol open.  
                                       
Untuk memulai proses pembuatan bootable silakan klik tombol start kemudian rufus akan memproses flashdisk kalian agar bisa digunakan untuk install ulang sistem operasi.
proses pemindahan data sistem operasi ke flashdisk
                                              
Jika Proses pembuatan bootable sudah selesai tinggal close saja aplikasi rufus tersebut dan cabut flashdisk dari laptop/komputer kemudian gunakan flashdisk itu untuk install ulang sistem operasi. 

Sekian tutorial mengenai Cara membuat bootable Usb menggunakan rufus. Mudah bukan ? apapun akan terasa mudah jika kita sudah terbiasa jadi, jangan lupa untuk share artikel ini ya gengs. Sampai Jumpa di artikel menarik lainnya dan Terima Kasih telah berkunjung.

Mohon untuk berkomentar yang bijak. Jangan Lakukan Spam Komentar. Komentar akan dibalas secepatnya. Terima Kasih

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post